Sensus Bersama Tim Relawan SID Desa Hanura & IAIN Lampung

Suasana Sensus Di RT.01 RW.01 KP. Siliwangi Hanura

sensusHanura – Sebanyak 9 Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Radin Intan Lampung yang terlibat dalam TIM Relawan untuk Persiapan Sistim Informasi Desa (SID) Desa Hanura, Desa Hurun dan Desa Cilimus mengawali kegiatan sejak tgl 19 Juli 2014, adapun kegiatan yang dilakukan adalah sensus penduduk dan ekonomi di wilayah 34 Rukun Tetangga (RT) yang tersebar di Desa Hanura. Selain untuk dijadikan data basis dalam membangun Sistim Informasi Desa di harapkan dari kegiatan sensus swadaya kerja sama Pemerintah Desa Hanura dan Mahasiswa IAIN jurusan Pengembangan masyarakat Islam (PMI) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) hasilnya benar-benar merepresentasikan gambaran Desa Hanura yang akan dituangkan dalam Profil Desa Hanura 2015.

Kegiatan yang direncanakan selama empat hari ini awalnya diharapkan bisa menyelesaikan sensus khususnya untuk Desa Hanura yang terdiri dari 34 Rukun Tetangga, namun setelah dilaksanakan hingga hari ke-3 ternyata baru bisa menyelesaikan 12 wilayah Rukun Tetangga (RT) di Desa Hanura. Adapun metode sensus dengan mengumpulkan masyarakat di masing-masing wilayah RT dan selanjutnya di Pandu oleh Tim Relawan dari IAIN di bantu petugas dari Aparat Desa Hanura yang masing responden harus menjawab 85 item pertanyaan yang tertera pada quisioner.

Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi berharap kepada para ketua-ketua RT agar turut mendampingi warganya masing-masing untuk memberikan keterangan dan data yang sebenarnya dalam pelaksanaan sensus baik data identitas, penghasilan maupun kepemilikan harta benda/lahan. Dari kegiatan ini diharapkan Desa Hanura akan memiliki Profil Desa yang valid dan benar-benar representative yang selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan penyusunan RPJMDes dan membangun Sistim Informasi Desa (SID) menuju Desa Membangun sesuai amanat Undang-undang Desa No.6 tahun 2014 Tentang Desa.  (guntoro)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan