Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Desa

Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Sistem informasi Desa

Hanura, Gerakan Desa membangun (GDM) merupakan gerakan strategis dalam membangun desa. salah satu instrumen penting GDM adalah Sistem Informasi Desa atau SID. Untuk itulah demi mendorong pemahaman Desa tentang teknologi dan informasi, GDM mengadakan pelatihan pengelolaan Sistem Informasi Desa. Dalam pelatihan ini GDM dibantu oleh relawan DedemIT (Desa Desa Melek Informasi dan Teknologi) Lampung, Kawan tani, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Raden Intan. pelatihan ini ditujukan untuk melatih Pemerintah Desa dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap warganya

Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Sistem informasi Desa
Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Sistem informasi Desa

Pelatihan yang diselenggarakan di Sanggar Mangliawan Desa Hanura pada tanggal 7 sampai 8 oktober 2014 ini diikuti oleh 20 peserta perwakilan dari 8 Desa di Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran yang meliputi Desa Hanura, Desa Hurun, Desa Cilimus, Desa Sidodadi, Desa Mulyosari, Desa Batu Menyan, Poncorejo dan Desa Gunung Rejo. Pada pelatihan ini Aparat Pemerintah Desa dilatih untuk menjadi penulis. mereka juga didorong untuk mampu menulis dan mengelola Website desa yang mereka miliki sehingga diharapkan konten Website desa lebih bervariasi. Rifky Indrawan selaku jurubicara GDM Lampung sekaligus salah satu tutor pada pelatihan ini menghimbau setelah pelatihan ini para peserta dapat mulai mengisi Website desanya minimal seminggu sekali untuk melatih dan mengasah kemampuan menulis para aparat desa tersebut.

Walaupun dalam pelatihan ini sempat terjadi gangguan seperti mati lampu dan gangguan sinyal internet yang tiba tiba Down namun tidak menyurutkan antusias dan semangat para peserta pelatihan. ini terlihat dari banyaknya interaksi dan pertanyaan selama pelatihan.(Ricky)

Facebook Comments

3 Comments

  1. hai saudaraku ayo kita bangkitkan semangat kita dalam membangun desa, kalau tidak sekarang kapan lagi ? kalu bukan kita siapa lagi ? kitalah yang harus membangun desa kita .

Tinggalkan Balasan