Learning Center KP.Siliwangi Desa Hanura Turut Meningkatkan Pengetahuan Komunitas

Siswa Learning Center di Kampung Siliwangi Desa Hanura (desa hanura. doc)

Sejak di giatkanya kegiatan kursus ketrampilan computer dan Bahasa inggris melalui Learning Center SHK Lestari di Kampung Siliwangi Desa Hanura terhitung sudah ratusan siswa yang sudah menjadi alumni pada Lembaga Pendidikan non Formal ini. Awalnya dari kegiatan pengkaderan untuk anggota maupun Pemuda Kelompok Tani SHK Lesatari yang kemudian menjadi tempat kursus komputer bagi para anak-anak petani di sekitar kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman.

Siswa Learning Center di Kampung Siliwangi Desa Hanura (desa hanura. doc)
Siswa Learning Center di Kampung Siliwangi Desa Hanura (desa    hanura. doc)

Pada Juni 2011 melalui Yayasan Luksembrough Indonesia (YLI) Foundation kegiatan kursus ini mendapat support, sehingga para pegiat Learning Center bisa melaksanakan kegiatan lebih serius lagi, tidak saja ketrampilan komputer yang di ajarkan di sini namun siswa juga mendapat kursus ketrampilan Bahasa ingris yang diajarkan pada tingkat pemula dan tingkat lanjutan (advance).

Rumah Belajar yang  digagas sejak tahun 2007 awalnya merupakan Community Training Center (CTC) yang kegiatanya lebih untuk meningkatkan pengetahuan para petani di sekitar Hutan dalam mengakses informasi melalui Internet Tani, kendala jaringan internet yang menjadikan kegiatan ini tidak mulus berjalan. Rumah Belajar ini kemudian di Set-Up dengan lebih serius dan terlembaga dengan membentuk Komite dan Kordinator dengan menjadikan Learning Center sehingga kegiatan belajar maupun kursus dapat dilaksanakan lebih serius dari sebelumnya. Saat ini ada 4 (empat) orang pembimbing yang terlibat pada gelombang belajar yang kelima pada tahun 2014 ini, dan siswa kursus mendapat sertifikat kelulusan seperti lazimnya lembaga kursus di kota-kota. (Rick)

Facebook Comments

3 Comments

  1. Sekolah alternatif, tempat warga belajar bersama pengetahuan yang tidak disediakan di sekolah umum. Lanjutkan.

  2. Sekolah alternatif, tempat warga belajar bersama pengetahuan yang tidak disediakan di sekolah umum. Lanjutkan.

Tinggalkan Balasan