Pedagang Pasar Ampera Desa Hanura Sepakat Menyerahkan Pengelolaan Pasar Kepada Pemdes

Para Pedagang Pasar Ampera Desa Hanura (Desa Hanura . Doc)

Pemerintah Desa Hanura Senin 02 Februari 2015 memfasilitasi rapat pedagang Pasar Pedagang Ampera Desa Hanura, Sekitar 75 Pedagang hadir mengikuti rapat bersama. Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi menyampaikan kepada peserta yang hadir tentang rencana kabupaten yang ingin turut mengelola Pasar Ampera Desa Hanura yang merupakan Asset Desa dan Pasar Desa satu-satunya di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.  Selain gagasan Dinas Pasar Kabupaten Pesawaran Kepala Desa Hanura Juga memaparkan rencana Pengelolaan Pasar Desa Hanura Kedepan Oleh Pemerintah Desa Hanura sendiri.

Para Pedagang Pasar Ampera Desa Hanura (Desa Hanura . Doc)
Para Pedagang Pasar Ampera Desa Hanura (Desa    Hanura . Doc)

Dalam Paparanya kepala Desa Hanura juga menyampaikan rencana Diskoperindag kabupaten Pesawaran yang berkeinginan membentuk Koperasi di Pasar Ampera Desa Hanura. Disisi lain juga disampaikan rencana Pemerintah Desa Hanura akan membentuk BUMDes yang nantinya didorong untuk mengelola Pasar Desa Ampera Desa Hanura lebih memenuhi harapan para pedagang dan masyarakat dengan mengedepankan azas manfaat, keterbukaan, ekonomi dan kepastian hukum.

Untuk melihat sejauh mana aspirasi para pedagang Pasar Ampera Desa Hanura dalam rapat hari itu Pemerintah Desa Hanura memberikan quisioner kepada Peserta hadir sebanyak 50 0rang sebagai Responden yang dibagi berdasarkan 5 Cluster yaitu : 1} Cluster Pedagang Kios /Toko: 5 Responden, 2} Cluster Pedagang Kelontongan: 18 Responden, 3} Cluster Pedagang Kain: 5 Responden, 4} Cluster Pedagang Loss Ikan: 5 Responden, 5} Cluster Pedagang Loss Sayuran: 17 Responden.

Dari musyawarah dan hasil jajak pendapat yang dilakukan pada hari itu 90 % Pedagang menyatakan keinginannya untuk Pengelolaan Pasar Ampera Desa Hanura sepakat dikelola oleh Pemerintah Desa Hanura. Dan pada hari itu juga dengan dihadiri BPD  dan LPMD Desa Hanura semakin meneguhkan adanya keinginan dari rakyat jika Pasar Ampera Desa Hanura tetap menjadi Pasar Desa dan Ikon ekonomi Desa Hanura yang dibangun sejak 1967 oleh para perintis Trans-AD. (Riki)

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan