Tim Food Safety Desa Hanura Melakukan Uji Keamanan Pangan

Tim Keamanan Pangan Desa Hanura sedang menguji pangan yang di jajakan disekitar desa Hanura

Hanura – Tim Keamanan Pangan Desa Hanura yang terdiri dari unsur PKK, komunitas Guru, komunitas Pemuda dan unsur Pemerintah Desa Hanura melakukan uji keamanan pangan hari ini Kamis 17 Desember 2015. Sebagai sempel diambil dari beberapa jenis makanan mentah/sayur mayur dan juga makanan matang/jajanan yang diperdagangkan di Pasar Desa Hanura, kantin-kantin sekolah maupun oleh pedagang ritail sekitar Desa Hanura.

Tim Keamanan Pangan Desa Hanura sedang menguji pangan yang di jajakan disekitar desa Hanura
Tim Keamanan Pangan Desa Hanura sedang menguji pangan yang di jajakan disekitar desa Hanura

Sebelumnya Tim Keamanan Pangan sudah mendapat perbekalan/pengetahuan untuk melakukan uji keamanan pangan dengan menggunakan alat Tester Kit dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) RI Provinsi Lampung. Selain itu beberapa kader Food Sefety (Keamanan Pangan) dari unsur Karang Taruna sebelumnya pun sudah melakukan survey kerumah tangga sasaran terutama pada dapur rumah tangga, tempat-tempat penyimpanan makanan mentah maupun matang hingga peralatan memasak yang digunakan oleh rumah tangga.

Terkait dengan kegiatan ini Skretaris Desa Hanura menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Food Safety Masuk Desa yang di canangkan tahun 2014 lalu, kebetulan Desa Hanura merupakan Desa sasaran untuk kegiatan tersebut yang dicanangkan melalui BBPOM RI, sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kami dan Tim Keaamanan Pangan Desa Hanura untuk melakukan pengawasan dan menjamin bahwa makanan yang beredar di sekitar desa kami harus aman tidak hanya secara fisik, namun secara Biologo dan Kimia juga harus aman, agar masyarakat terhindar dari penyakit dan bahaya racun dan tetap melaksanakan pola kebiasaan hidup sehat, demikian ujar Agus Guntoro. (Aff)

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan