Rakernas III APDesi Bersama Jokowi

Pose kepala desa hanura bersama Presiden RI, Mentri Desa & PDT serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Boyolali-Solo Asosiasi Kepala Desa Indonesia (APDESI) mengadakan Rapat Kerja Nasional yang melibatkan 1500 peserta terdiri dari Kepala Desa dan Perangkat Desa di seluruh indonesia. Rakernas berlangsung dari tanggal 24 – 28 Desember 2015 yang bertempat di Wisma Haji Donohudan Boyolali-Solo. Pada kegiatan rakernas III kali ini hadir orang nomer satu Indonesia Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia untuk bersilaturahmi dengan para kepala desa peserta rakernas. Dalam sambutanya presiden Jokowi menekankan agar Dana Desa penggunaanya harus transparan dan tepat sasaranya sesuai dengan prioritas kebutuhan desa. Presiden Jokowi juga berjanji akan meningkatkan 100% dari APBN untuk di alokasikan ke desa-desa yang pada tahun 2015 sebesar 20 Trilyun maka pada tahun 2016 berjumlah 40 Trilyun.

Adapun hasil rakernas ke-3 selama tiga hari yaitu Pertama merekomendasikan diadakanya Munaslub di tahun  2016 dan Penataan Ulang/Restrukturisasi Kelembagaan Organisasi Apdesi sampai pada level kecamatan di seluruh Indonesia, kedua Menolak perubahan undang-undang desa tahun 2014 dan

Pose kepala desa hanura bersama Presiden RI, Mentri Desa & PDT serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Pose kepala desa hanura bersama Presiden RI, Mentri Desa & PDT serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (desa hanura. doc)

Peraturan Pemerintah Nomer 47 tentang Pedoman Pelaksanaan Undang-Undang Desa, ketiga mempertahankan Tanah Bengkok/ulu-ulu dan tanah lainya yang hak asal usulnya dari desa tetap menjadi hak Kepala Desa. Hadir dari Kabupaten Pesawaran untuk kecamatan Teluk Pandan dalam forum nasional ini Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi, sudah barang tentu menjadi kebanggaan tersendiri selain bisa bertemu dengan para kepala desa diseluruh Indonesia tapi dapat menyampaikan aspirasinya langsung kepad Presiden Republik Indonesia. (gunt)

Facebook Comments

3 Comments

Tinggalkan Balasan