Sistem Informasi Desa (SID) Pelayanan Prima untuk Masyarakat

re
Bupati Pesawaran H. Dendi Romadhona saat Audiensi

Mengacu pada UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Sistem Informasi Desa (SID) memiliki peran yang strategis dalam mendukung pembangunan di Desa dan Kawasan Perdesaan selain itu Sistem Informasi Desa (SID) penting untuk mendukung perencanaan pembangunan dan meningkatkan pelayanan di Desa, monitoring pelaksanaan di tingkat Kabupaten dan Pengendalian pada tingkat Provinsi. Sistem Informasi Desa (SID) berdasarkan undang undang tersebut adalah meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia. Melihat sangat strategisnya SID, Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran telah mengakreditasikan SID sebagai tolok ukur untuk memberikan pelayanan publik yang Optimal. Fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia yang menjadi prasyarat SID menjadi Pekerjaan Rumah yang hingga kini terus dipacu Pemerintah Desa Hanura agar dalam menterjemahkan SID sebagai pola yang terintegrasi untuk pembangunan desa dapat terlaksana dengan baik.

Hal tersebut kerap dikemukakan oleh Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi dalam setiap Rakor dengan Aparatur Pemerintahan Desa maupun dalam musyawarah-musyawarah yang dilakukan Pelayanan Prima dan Sistem Informasi Desa (SID) harus terlaksana di Desa Hanura ungkapnya.

Menindak lanjuti hal tersebut, pada hari Kamis 10 maret 2016 Pemerintah Desa Hanura beserta Jajarannya dan TIM Informasi dan Teknologi Desa Hanura mengadakan Audiensi dengan Bupati Kabupaten Pesawaran H. Dendi Romadhona Kaligis. Dalam Audiensi tersebut diharapkan regulasi tentang implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 dapat segera terwujud. Karena dengan regulasi itu diharapkan Desa-desa akan lebih berakselerasi dalam pembangunan diwilayahnya.

Audiensi yang dilakukan dihadiri juga oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Pesawaran, mitra inspiratif Desa Hanura yaitu “Kawan Tani” yang diwakilkan Cak COER dan Nopriyandi. Dalam kesempatan itu pula di paparkan roadmap perencanaan regulasi implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 untuk Kabupaten Pesawaran.

Semoga Gayung Bersambut………”Dari Desa Membangun Indonesia, dari Desa menuju Pesawaran Lebih Baik” (fadza)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan