BPMPD Lamtim Sambangi Desa Hanura, Teluk Pandan Guna Masuk Dalam Sideka

sideka

Hanura | Rombongan dari BPMPD Kabupaten Lampung Timur sambangi Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran guna koordinasi Sistem Desa dan Kawasan (Sideka). Selasa (12/07). Rombongan yang di pimpin Kabid Pengembangan Desa ini langsung di terima oleh Kepala Desa Hanura, Chodri Cahyadi dan Kaur Pemerintahan Khairul Awam, SP di ruang kerja Kades Hanura.

Rombongan yang di pimpin Kabid Pengembangan Desa Setkab Lampung Timur, R. Yati Nurhayati  S.Sos.,MM saat berkunjung ke desa yang keluar sebagai Juara I di Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2016 ini di dampingi 2 stafnya, Tabrani, S.IP dan Mutiah.

Kepala Desa Hanura, Chodry Cahyadi saat di jumpai di sela kunjungan dari BPMPB Lampung Timur mengatakan, sangat berterima kasih kepada Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim yang telah mempercayai Desa Hanura untuk beraudensi tentang Sistem Desa dan Kawasan (Sideka).

Saya berterima kasih kepada Ibu Bupati Lampung Timur, yang telah mengutus stafnya untuk berkoordinasi tentang program Sideka yang dilaksanakan oleh BP2DK pusat, ujarnya.

Chodri juga menambahkan, kedatangan rekan-rekan dari Lampung Timur ini atas perintah langsung Ibu Nunik (Bupati Lamtim) untuk beraudensi dan mencari data dan pembanding. Seperti apa bisa masuk dalam Program Sistem Desa dan Kawasan (Sideka).

Dengan kedatangan rekan-rekan dari Lampung Timur, justru menambah semangat kami untuk dalam membangun desa, tambahnya.

Kepala Desa Hanura menambahkan, saat ini Lampung Timur mencoba bergabung dan ikut serta bersama kami untuk masuk dalam desa-desa yang menjadi sekala prioritas Bapak Presiden Jokowi dalam melaksanakan Nawa Cita yang ketiganya, yakni membangun desa dari pinggiran.

Alhamdulillah di Lampung ada banyak yang dapat kita ajak selain Desa Hanura. Ada dari Lampung Timur dan Tulang Bawang, tandasnya.

Chodri juga menjelaskan, adapun Sistem Desa dan Kawasan ini diharapkan memberikan suatu konsep desa terpadu dalam satu kawasan yang akan melibatkan beberapa desa yang memprioritaskan pertama membangun desa. Selain itu menurut Chodri, hal ini juga sesuai amanat Undang-undang Nomor: 6 Tahun 2014.

Ini merupakan cikal bakal pertama kebaikan bagi Desa Hanura dan diharapkan desa ini menjadi inkubator bagi desa-desa yang ada di Lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya, harapnya.

Kabid Pengembangan Desa PBMPD Lampung Timur  R. Yati Nurhayati usai audensi dengan Kepala Desa Hanura mengatakan, kunjungan ini adalah perintah langsung dari Ibu Bupati untuk menyambangi Desa Hanura guna mengetahui data dan pembanding, agar kami dapat masuk dalam Sistem Desa dan Kawasan (Sideka) yang di laksanakan oleh Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) pusat.

Kami lihat di data, yang sudah masuk dalam Sideka ini untuk daerah Lampung adalah Desa Hanura. Dengan ini kami beraudensi bagaimana cara agar semua desa yang ada di Lampung Timur dapat masuk dalam Program Sideka mengikuti Desa Hanura yang kita tahu desa ini adalah desa maju dan juga menjadi Juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2016, pungkasnya.

Dari data yang dihimpun di lapangan, keberangkatan rombongan dari BPMPD Lampung Timur ini sesuai dengan Surat Perintah Tugas dari Kepala BPMPD Nomor : 414.2/134/26/SK/2016 yang merujuk dari SK Bupati Lampung Timur Nomor : B.747/16/SK/2015 Tentang Penetapan Dokumen Pelaksana Anggaran Satuan Kerja Daerah Tahun 2016 dan di tanda tangani oleh Kepala BPMPD Drs. M. Saleh tertanggal 11 Juli 2016. (Hendri).

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan