BPMPD Lampung Selatan Kunjungi Desa Hanura, Dalam Rangka Study Banding

BPM

Hanura| Jajaran Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Lampung Selatan mengunjungi Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan untuk melihat secara langsung potensi Desa Hanura yang telah menang dalam lomba desa tingkat provinsi tahun 2016. Rombongan saat itu di terima oleh Camat Teluk Pandan, Firdaus SH di kantor kecamatan setempat sebelum menuju Kantor Desa Hanura. Setelah itu rombongan langsung bertolak ke Kantor Desa Hanura dan di terima Kepala Desa, Chodri Cahyadi dan Kaur Keuangan, Ricky Wicaksono.

Salah seorang Staf BPMPD Kabupaten Lampung Selatan, Nasrun mengatakan, tujuannya mengunjungi Desa Hanura tersebut, dikarenakan desa ini telah keluar menjadi juara 1 dalam lomba desa tingkat Provinsi Lampung. Maka, jajaran BPMPD Kabupaten Lampung Selatan bersinisiatif untuk mengunjungi Desa Hanura untuk melihat secara langsung potensi desa setempat.

Kami ingin melihat secara langsung, bagaimana kondisi Desa Hanura yang sebenarnya, dan kami akan mempelajari agar desa-desa kami dapat menjadi desa yang lebih baik lagi, ujarnya.

Dijelaskannya, kunjungan ini merupakan inisiatif dari kepala badan dan bukan atas perintah Bupati Lampung Selatan, H. Zainudin Hasan.

Kunjungan ini merupakan inisitif kepala badan dan bukan perintah bupati guna untuk perbaikan desa kedepannya, tambahnya.

Kedepannya, ia optimis akan mengikuti jejak Kabupaten Pesawaran yang sudah meraih juara 1 pada lomba tingkat Provinsi. Serta dapat meraih gelar juara lomba desa di tahun yang akan datang, seperti desa Hanura saat ini.

Katanya desa Hanura menangnya karena IT, seperti apa sih IT desa Hanura sehingga menang pada lomba desa ini, tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi mengatakan, walaupun kunjugan jajaran BPMPD Lampung Selatan tersebut tanpa konfirmasi sebelumya, pihaknya menyatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan kunjungan yang sangat positif, karena ingin melihat secara langsung potensi desa Hanura yang telah menang dalam lomba desa tingkat Provinsi.

Selain silaturahmi, jajaran BPMPD Lampung Selatan ingin melihat secara langsung seperti apa desa hanura yang menjadi pemenang lomba desa ditingkat provinsi. Dan, kami telah duduk bersama, dan kami telah sampaikan potensi desa kami. Potensi desa kami yang sebelumnya adalah desa agraris telah bergeser menjadi desa hunian, dan hal inilah yang menjadi kreatifitas desa kami, ungkapnya.

Di desa Hanura, lanjutnya, mengedepankan tentang sistem informasi desa, dan hal ini merupakan unggulan bagi desa Hanura tentang sistem informasi desa tentang IT, yang memang dalam lomba desa merupakan salah satu syarat mutlak untuk melaksanakan amanat dari undang-undang Desa No. 6 tahun 2014 tentang desa.

Kami sadari, bahwa desa lain juga memiliki potensi yang juga lebih baik dari desa Hanura, namun obyektifitas penilaian lomba desa ini juga telah dikedepankan. Dan, hasil dari pembicaraan dengan BPMPD Lampung Selatan, pihaknya juga mengakui bahwa desa Hanura memang lebh unggul dari desa-desa yang lain, namun kami juga akan tetap belajar dengan desa-desa yang lain, tandasnya.

| Hendri .

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan