Tim Memeriksa Pekerjaan APBDES 2016

Hanura | Badan Perwakilan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan beberapa perangkat Desa Hanura, Teluk Pandan periksa 7 (tujuh) lokasi pembangunan fisik berdasarkan APBDes tahun 2016, yang salah satu anggarannya berasal dari dana desa (DD). Sabtu (06/08).

g

Saat memeriksa ketujuh lokasi pembangunan dari BPD di wakilkan, Mujadi (Dusun B) dan Oktavian (Dusun A), sementara dari LPM hadir, Ketua LPM Leonardo, Benidiktus Engko wakil ketua dan Palgunadi. Sedangkan dari perangkat desa di wakilkan Sudarto (Kadus A) dan Suparno (Kadus D).

Ketujuh lokasi pembangunan yang di periksa secara langsung ini di antaranya, pemasangan paving blok yang lokasinya di antara Balai Desa dan Aula Sanggar Mangliawan dengan luas sekitar 40 m² (7,4 x 5,4 m²), rehab dan galian drainase lapangan sepanjang 144 meter, namun di ABPDes tertulis 140 meter.

Sementara, di RT. 01/RW. 02 Dusun B di bangun rabat beton yang di APBDes tertera panjangnya 150 meter, namun dalam pembangunannya 159 meter. Rabat beton ini lebarnya sekitar 2 meter dengan ketebalan 18 sentimeter.

Sedangkan untuk anggaran tahun 2016 ini masyarakat RT. 05/RW.01 Dusun C dapat lega. Dahulunya jalan ini jika hujan masyarakat yang hendak melalui jalan ini harus berhati-hati. Namun, saat ini akan lebih nyaman karena jalan ini telah di bangun paving blok sepanjang 115 meter dan lebar 2 meter.

Selain di RT. 05/RW. 01 yang menikmati pembangunan di bahwa kepemimpinan, Chodri Cahyadi RT. 04/RW.01 Dusun C juga menikmati pemerataan pembangunan. Yang kita ketahui sudah sekitar puluhan tahun tidak tersentuh pembangunan. Di RT. 04 ini arus air yang biasanya tidak lancar mengalir, baik dari rumah tangga maupun akibat dari derasnya air hujan. Namun, di tahun 2016 ini mendapat pembangunan Drainase sepanjang sekitar 67 meter dengan luas 80 cm.

Dusun A pun mendapat pemerataan pembangunan dari pihak desa, yang kita ketahui sejak tahun 1966 dimana kali pertamanya transmigrasi untuk pensiunan Angkatan Darat dari beberapa Kodam yang ada di bumi pertiwi ini. Baru tahun 2016 di bawah kepemimpinan kepala desa termuda ini mendapat pembangunan jalan lapen (Giri Loso) dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar sekitar 3 meter. Pembangunan jalan lapen ini di bangun di jalan Giri Loso yang terletak di RT. 02/RW.03 Dusun A.

Selain pembangunan jalan lapen, Dusun A juga mendapat pembangunan Drainase di RT. 03/RW. 01 sepanjang 71 meter, luas 65 cm dan tinggi drainase sekitar 60 cm. Drainase ini di bangun untuk mengatasi luapan air dari desa tetangga. Maka di sekitar drainase di bangun juga pintu air untuk mengatur debit air.

Kepala Desa Hanura, Chodri Cahyadi saat dijumpai di ruang kerjanya mengatakan, semua pembangunan di Desa Hanura ini, sesuai dengan impian dan harapan masyarakat yang di jabarkan dalam RKPDes dan APBDes beberapa tahun ini.

Hal ini sesuai dengan semangat Undang-undang Nomor: 6 Tahun 2014. Yang Alhamdulillah semua pembangunan insfratruktur dan pemberdayaan di desa dapat di rasakan langsung oleh masyarakat Hanura, ujar Kades termuda dan banyak memperoleh berbagai penghargaan baik tingkat kecamatan, Kabupaten dan Provinsi ini.

Dari data yang di himpun di lapangan ada juga beberapa pembangunan fisik yang berdasarkan RAPBDes perubahan tahun 2016 sudah dibangun akses penghubung (jembatan) masyarakat di 3 RT menuju ke pasar desa. Dengan dibangunnya jembatan penghubung yang panjangnya sekitar 7 meter dengan lebar 1,5 meter. Maka masyarakat yang ada di 3 RT Dusun B ini tidak bersusah payah harus memutar jika hendak ke pasar milik desa ini.(Hendri)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan