Desa Hanura Mendapat Kunjungan Dari Desa Kemang Manis Bengkulu

Para Peserta Kunjungan Kerja Desa Kemang Manis Kec. Pinu Raya Kab. Bengkulu Selatan

Hanura – untuk yang ke 5 kalinya Desa Hanura kembali mendapat kunjungan kerja dari desa-desa di regional Sumatera, kali ini Desa yang berkunjung adalah Desa Kemang Manis Kecamatan Pinu Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Dalam Kunjungan selain dari Pemerintah Desa Kemang Manis ikut serta Kepala Bidang Pemerintahan Badan Pemberdaya Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kasi Umum Kecamatan Pinu Raya. Dijadikanya Desa Hanura sebagai pilihan untuk melakukan kunjungan kerja karena Desa Hanura sebagai pemang umum Nasional wilayah regional 1 Sumatera dalam Evaluasi Desa 2016. Setelah Kami berkomunikasi dengan BPMPD Provinsi Lampung kami diarahkan untuk mengunjungi Desa Hanura karena pelayananya sudah berbasis IT demikian ungkap Kepala Bidang BPMPD Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dalam Acara Ramah Tamah Kepala Desa Kemang Manis sebagai ketua rombongan juga berbagi pengalaman dengan Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi, dikatakanya bahwa keberadaan Desa Kemang Manis masih tertinggala di Bidanga IT dan perlu meningkatkan Sarana Infrastruktur untuk Pelayanan Pemerintah Desa walaupun Luas Desa Kemang Manis sepuluh kali lipat lebih dengan Desa Hanura namun jumlah penduduk hanya berkisar 800 Kepala Keluarga. Kepala Desa Hanura juga memberikan paparan panjang mengenai pengalaman membangun Desa Hanura Selama Kepemimpinanya empat tahun berjalan.

Para Peserta Kunjungan Kerja Desa Kemang Manis Kec. Pinu Raya Kab. Bengkulu Selatan
Para Peserta Kunjungan Kerja Desa Kemang Manis Kec. Pinu Raya Kab. Bengkulu Selatan

Kunjungan yang diagendakan selama dua hari ini diikuti oleh 12 Personil terdiri dari Pemerintah Desa Kemang Manis 9 Personil, 1 Personil Ketua TPPKK, 1 dari Kecamatan Pinu Raya dan 1 orang dari unsur BPMPD. Hari Pertama kunjungan selain diisi dengan agenda berbagi pengalaman dan diskusi, peserta juga melihat Demo Aplikasi Pelayanan Prima di yang selama ini digunakan oleh Desa Hanura juga melihat demo Aplikasi E-Budgeting yang dipergunakan dalam menyusun anggaran maupun Pelapora APBDes di Desa Hanura.  Agenda kunjungan selama dua hari dari tanggai 23 – 24 November 2016, dalam agenda nya Hari Kedua akan mengunjungi Pasar Ampera Desa Hanura yang sudah dikelola oleh BUMDes Hati Nurani Desa Hanura dan juga mempelajari pengelolaan Bumdes Hanura yang sudah berjalan selama 1 tahun. (Ika)

Facebook Comments

4 Comments

Tinggalkan Balasan