Pelatihan Pengelolaan Website Bagi Para Admin Website Di Desa Hanura

Para Calon Admin Website mengikuti Pelatihan Pengelolaan Website

Hanura – Pemerintah Desa Hanura bekerja sama dengan pegiat DedemIT Lampung (Desa-Desa Melek IT)  menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Website Sabtu 10 Desember 2016. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang yang merupakan calon pengelola website atau Admin dari semua website yang ada di Desa Hanura. Menurut Ricki Wicaksono Anggota Tim IT Desa Hanura selain Website Desa, saat ini sudah ada beberapa website lain seperti website sekolahan, website UMKM, website radio komunitas, website bumdes, website perpustakaan dan website organisasi rakyat, peserta pelatihan adalah merupakan administrator masing-masing website.

Kegiatan yang diadakan Ruang Pusat Kreatif dan Produktif (PKP) Purwa Rupa ini di agendakan minggu pertama bulan Desember 2016 sesuai dengan perencanaan Kegiatan Anggaran. Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Website merupakan kegiatan prioritas yang tertuang dalam Rencana Kerja pemerintah Desa (RKPD) Tahun 2016, selain itupun kegiatan ini adalah pengejawantahan dari misi Desa Hanura yang akan memanfaatkan ICT (Informasi comunikasi dan Tehnologi) sebagai layanan prima, mengenalkan potensi dan pemasaran produk. Saat ini ada 10 website di Desa Hanura yang sudah on melalui program 1 Juta Domain Kementerian Komonikasi (Kemenkominfo) yang memberikan fasilitas domain gratis dan server selama 1 tahun.

Para Calon Admin Website mengikuti Pelatihan Pengelolaan Website
                                 Para Calon Admin Website mengikuti Pelatihan Pengelolaan Website

Selain melibatkan Dedemit Lampung Kegiaatan ini difasilitasi oleh Pulung dari Isatech Jakarta, kegiatan yang dijadwalakan selama 2 hari ini pada hari pertama bermaterikan Tehnik Penulisan dan mengunggah konten pada website, peserta langsung praktek melalui akun website masing-masing. Pada hari kedua para peserta diajarkan bagaimana mendisain tampilan website supaya menarik dan disain template maupun banner pada header dan footer website. Menurut Agus Guntoro Ketua Tim PTPKD Desa Hanura pelatihan ini masih ada lanjutanya karena materi 2 hari sebelumnya belum cukup apalagi para peserta adalah rata-rata pemula baru mengenal webasite, untuk itu masih ada tehnik-tehnik ataupun materi lain berkaitan dengan pengelolaan website termasuk tehnik Search Enggine Optimisme (SEO) agar website bisa terindeks pada peringkat atas melalui Mesin Pencari Google maupun Yahoo, lebih lanjut Agus Guntoro yang juga Sekretaris Desa Hanura mengatakan “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang didanai oleh APBDes Desa Hanura Tahun 2016 melalui pos Bidang Pemberdayaan Kemasyarakatan” diakhir kegiatan Kepala Desa Hanura Chodri Cahyadi menutup secara resmi kegiatan ini dan mengharap kepada para peserta pelatihan agar dapat bisa mengimplementasikan pada website masing-masing. (Ika)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan