Aktivis Lingkungan Perwakilan 74 Negara Mengunjungi Desa Hanura

Para Participant Beninial General Meeting saat berkunjung di Desa Hanura (desa hanura. doc)

Hanura – Pemerintah Kabupaten Pesawaran mengadakan penyambutan secara seremonial untuk para Partisipant Bennial General Meeting (BGM) 03 Desember 2016. Kegiatan yang didelenggarakan di Desa Hanura ini dihadiri oleh para aktivis lingkungan hidup dari 74 Negara perwakilan di 5 Benua yang tergabung dalam Friends Of The Eart (FoE) Sahabat bumi International. Rombongan sebelumnya sudah mengadakan kegiatan Symposium Lingkungan di Hotel The 7 (Seven Hotel) di Bandar Lampung dan  forum dua tahunan FoE Negeri Baru Resort . Kegiatan yang diselenggaran  oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) dan para pegiat lingkungan Internasional ini selain untuk mengkampanyekan lingkungan, tantangan dan peluang menghadapi perubahan iklim (climate change) juga kampanye untuk pengakuan wilayah kelola rakyat melalui praktek perhutanan sosial.

Para Participant Beninial General Meeting saat berkunjung di Desa Hanura (desa hanura.  doc)
Para Participant Beninial General Meeting saat berkunjung di Desa Hanura (desa hanura. doc)

Pada acara sambutanya Camat Teluk Pandan M.Yuliardi.S.STP menyampaikan apresiasinya dijadikan Desa Hanura sebagai wilayah Field Triep dan berharap kegiatan yang dihadiri dari perwakilan 74 Negara pada hari ini dapat menduniakan potensi di Kecamatan Teluk Pandan, terutama potensi wisatanya yang selama ini menjadi prioritas Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran. Acara yang sedianya akan dihadiri oleh Dirjen Kemendesa PDTU namun pada hari H yang bersangkutan tidak menghadiri, Dari Pihak Pemerintah Kabupaten Pesawaran hadir Sekretaris Daerah mewakuli Bupati Pesawaran.

Acara yang melibatkan sekitar 400 orang undangan ini disuport oleh Pemkab Pesawaran, sebagai wujud antusiasme bersama warga menyambut para aktivis lingkungan perwakilan 74 Negara yang menjadikan Desa Hanura sebagai Field Triep seperti yang disampaikan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Drs. Heksus. MM. Dalam acara seremonial ditampilkan atraksi budaya tarian lampung yaitu Tari Rudat dan Tari Sigekh Pengunten yang merupakan tarian khas untuk penyambutan para tamu maupun Pejabat Daerah Ataupun Pejabat Negara. Kemeriahan acara penyambutan dalam acara hari itu nampak sekali pasalnya ada pameran dari stand tiga Kecamatan di kabupaten Pesawaran yang menampilkan produk binaan PKK masing-masing Kecamatan selain ada juga ada produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang dipamerkan di Stand Desa Hanura hasil produk Kelompok Sistim Hutan Kerakayatan (SHK) Lestari. Setelah para tamu menikmati jamuan makan siang sebanyak 79 orang melanjutkan Field Triepnya kelokasi areal kelola para petani yang tergabung di kelompok SHK Lestari dengan praktek pengelolaan model Perhutanan Sosial di Kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman Register 19 (Gunt)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan