Pegiat Organisasi Di Desa Hanura Mengikuti Pelatihan Comunity Organizer

Hanura – Bertempat di Skretariat Learning Center Lestari Kampung Siliwangi Desa Hanura Pemerintah Desa Hanura mengadakan Pelatihan Comunity Organizer (Fasilitator Lokal) dari tanggal 17 – 18 Desember 2016. Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari ini melibatkan sekitar 15 peserta dari Desa Hanura. Masing – masing peserta mewakili kelembagaan maupun Organisasi Rakyat yang ada di Desa Hanura yaitu :

  • Dari pemerintah Desa Hanura              : 2 orang
  • Lembaga Pemberdaya Masyarakat (LPM) : 2 Orang
  • Lembaga Rukun Tetangga (RT)                 : 4 Orang
  • Kader Pemberdaya masyarakat : 2 Orang
  • Kelompok Wanita Tani : 1 Orang
  • Organisasi Rakyat SHK Lestari : 2 Orang
  • Karang Taruna : 1 Orang
  • Pengelola Radio Komunitas RGL.FM : 1 Orang

Pada hari Pertama para peserta sepakat membangun kontrak belajar selama 2 hari sebelum memulai materi pelatihan. Pada pelatihan ini sebagai Fasilitator adalah NOPI JUANSYAH dari Lembaga Relawan Untuk Petani (KaWAN Tani) Lampung. Selain materi pelatihan yang diberikan oleh fasilitator para peserta juga melakukan praktek tehnik fasilitasi dan beberapa peragaan serta game-game yang berkaitan dengan materi pelatihan pada hari itu.plathn CO

Diadakannya Pelatihan Comunity Organizer (Fasilitator Lokal) adalah sangat penting bagi para pelaku Organisasi yang ada di Desa Hanura mengingat gerak dan giat pembangunan di desa harus melibatkan peran serta masyarakat di Desa Hanura secara luas, untuk itu sangat penting dalam hal ini peran para pelaku organisasi yang ada di Desa Hanura bagaimana cara membangkitkan partisipasi masyarakat, bagaimana mendorong agar ide-ide dan aspirasi masyarakat muncul dipermukaan maka peningkatan kapasitas bagi para pelaku organisasi penting dilaksanakan, demikian yang disampaikan Sekretaris Desa Hanura Agus Guntoro. “Kami berharap para peserta nanti akan lebih luwes lagi saat memimpin rapat-rapat dengan warga atau komunitas setempat baik dalam membuat perencanaan Dusun, Perencanaan Lingkungan maupun dalam menyelesaikan masalah warga” demikian ujar Sekretaris Desa Hanura yang juga Aktivis Media. Kegiatan selama dua hari ini didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Hanura (APBDes) Tahun 2016 melalui pos Bidang Pemberdayaan Masyarakat. (Ika)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan