Lakukan Kunjungan Kerja dan Reses di Desa Hanura, Anggota DPD RI Beri Dukungan Penuh Digitalisasi Desa

Hanura (hanura.desa.id) KH., Ir. Abdul Hakim, M.M., anggota DPD RI Lampung dari Komite IV Didampingi Staf ahli anggota DPD RI Lampung Aep Susanto, lakukan kunjungan kerja dan reses di desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan, kabupaten Pesawaran, Lampung. Selasa, (16/2/2021).

Pada kunjungan kerja dan reses yang dilakukan komite IV DPD RI Lampung di desa Hanura tersebut guna melakukan dialog didalam penyerapan aspirasi dari masyarakat desa dan daerah yang bertemakan, ” Komite IV DPD RI Lampung Terus Melayani, Rakyat Lampung”, guna menyelaraskan program kerja Pemerintah Provinsi Lampung melalui motto “Menuju Lampung Berjaya”.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran dari Komite IV DPD RI Lampung, Zulkifli Noeh Camat Teluk Pandan, Rio Remota Kepala desa Hanura Rio remota beserta seluruh staf jajaran kepemerintahan desa, Kader Pokdarwis Andan jejama, PKK, UMKM, Mahasiswa Universitas Lampung (Unila), Babinsa dan Babinkamtibmas serta masyarakat.

Camat Teluk pandan Zulkifli Noeh dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang kepada KH. Ir. Abdul Hakim, M.M., beserta staf dari komite IV DPD RI Lampung di kecamatan Teluk pandan, yang merupakan bagian dari program kunjungan kerja dan reses didalam menyerap aspirasi masyarakat di masa pandemi Covid-19, melalui interaksi dialog didalam penyerapan aspirasi masyarakat desa dan daerah.

Lebih lanjut, Zulkifli memaparkan. Jika desa Hanura merupakan desa yang menjadi kebanggaan di kabupaten Pesawaran, terutama kami di kecamatan Teluk padan. Pasalnya, dari 10 desa yang ada, desa Hanura merupakan desa mandiri dan juga sebagai desa percontohan dengan prestasi prestasi yang selama ini diraih, hal ini menjadikan desa Hanura sebagai desa percontohan untuk desa desa yang lain, baik di tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi, Jelas Zulkifli.

Di kesempatan yang sama, Rio remota kepala desa Hanura menjelaskan, Keberhasilan yang diraih serta dapat dirasakan saat ini oleh masyarakat desa Hanura, berkat kerjasama dan sinerginitas dari pemerintah desa dan masyarakat didalam melaksanakan program program kerja. Dalam hal ini, kami perintah desa berupaya menyerap aspirasi dari masyarakat, didalam menjalankan program kepemerintahan desa dengan membaca potensi potensi yang ada. Ucap Kepala desa Hanura, Rio.

Mengingat pada saat ini, kita sedang dalam masa menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19) yang dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, lebih lanjut kepala desa Hanura Rio menuturkan, terkait kondisi yang terjadi saat ini roda kepemerintahan desa harus tetap berjalan, dan untuk itu pemerintah desa Hanura berinovasi didalam menjalankan program kerja desa. Melalui program Smart village (Desa cerdas), kami coba mengeimplentasikan diri dari kebutuhan masyarakat, sehingga kepemerintahan desa tetap prima didalam menjalankan program kerja dan juga dalam hal pelayanan dari kebutuhan publik, melalui pelayanan dengan sistem offline menuju pelayanan berbasis online.

Rio menjelaskan, melalui program smart village Hanura diharapkan bisa menjadikan inovasi dan motivasi didalam menjalankan roda kepemerintahan desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, beberapa program dari smart village Hanura yakni, pelayanan prima berbasis ITE yang terkoneksi dengan intansi terkait didalam menjalankan pelayanan administrasi pelayanan masyarakat dan pemerintah yang berbasiskan online.

Lebih lanjut, Rio menjelaskan selain itu pemerintah desa kami juga memiliki beberapa program terobosan guna menjalankan perekonomian masyarakat seperti Hanura Net, Take a way, Hotspot Enjoy food, Hanura Delli very, Enjoy food Hanura, Hanura Smart village garden. Hal ini tumbuh berdasarkan kebutuhan dari masyarakat. Terkait kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan dan pendidikan kami masih terkendala, ujar Rio.

Menurutnya desa Hanura saat ini sudah memiliki beberapa fasilitas pendidikan, baik itu sekolah swasta ataupun sekolah negeri, seperti sekolah dasar TK dan Paud hingga SMA negeri dan swasta, begitupun sarana kesehatan yang telah dimiliki desa Hanura yakni Puskesmas rawat inap, jelasnya.

Namun, mengingat kebutuhan dan permintaan dari masyarakat, kami selama ini terkait peningkatan pelayanan di bidang kesehatan dan pendidikan. Masyarakat kami meminta kepada instansi terkait agar dapat segera membangunkan fasilitas umum, seperti Universitas dan Rumah sakit yang ada di desa Hanura.

“Masyarakat kami saat ini mengharapkan perhatian dari instansi terkait, agar dapat dibangunkan nya sebuah Universitas dan Rumah Sakit. Kami pemerintah desa Hanura mengapresiasikan kebutuhan masyarakat sat ini, untuk itu kami siap menyediakan lahannya, dan harapan saya agar pemerintah kabupaten, provinsi serta DPR bisa membantu,” Tutur Rio.

Sementara itu, KH. Ir. Abdul Hakim, M.M., anggota DPD RI Lampung dari Komite IV yang didampingi Staf ahli anggota DPD RI Lampung menjelaskan, terkait permintaan dan pengusulan dari pemerintah desa Hanura berdasarkan kebutuhan masyarakatnya, kami akan mengevaluasinya sebagai bahan diskusi kami dalam tingkat lanjutan. Mengingat desa Hanura merupakan mandiri dan juga sebagai desa percontohan yang selama ini menjadi bagian dari kebanggaan provinsi Lampung.

Lebih lanjut Abdul Hakim mengatakan, terkait trobosan dan inovasi dari pemerintah desa Hanura ini pihaknya memberi apresiasi dan dukungan penuh, diharapkan hal ini bisa menjadi motivasi dari desa desa yang lain. Untuk pengembangan program Hanura prima Berbasis ITE kami akan membantu dan hak ini juga akan menjadi bahan evaluasi dari program kerja kami, Ucap Abdul hakim.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan