Atasi Banjir Di Desa Hanura,Kepala Desa Pimpin Pimpin Langsung Gotong Royong

Hanura(hanura.desa.id) : Salah satu upaya mencegah terjadinya banjir, Kepala desa Hanura Rio Remota pimpin langsung kegiatan gotong royong warga setempat membersihkan selokan air yang tertimbun tanah, dan menyebabkan pendangkalan pada salauran air yang berada di depan masjid Baitul Iqra RT/RW 001/001 dusun D Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, Rabu (01/08/2021).

Sebagai langkah untuk antisipasi mencegah terjadinya luapan air yang dapat menyebabkan banjir pada musim hujan, Kades Rio Remota mengajak warga setempat mengajak warga untuk membersihkan selokan yang telah tertimbun tanah, dan menyebabkan aliran air pada selokan tersebut menjadi terhambat dan tidak lancar.

“Kita harus peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita, jangan sampai gara-gara kelalaian kita dapat menimbulkan efek bencana yang dapat merugikan masyarakat. Kami berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan contoh kepada warga yang lain untuk peduli dengan kondisi lingkungan sekitarnya,” ungkap Rio Remota.

“Selokan ini sudah mengalami pendangkalan bahkan tertutup oleh tanah, sehingga jika hujan deras air yang harusnya mengalir melalui selokan ini, malah meluap dan masuk ke pemukiman warga. Untuk itu perlu untuk dibersihkan agar air dapat mengalir dengan lancar menuju ke sungai besar,” terangnya.

“Timbulnya bencana banjir banyak disebabkan akibat faktor kelalaian manusia, hal utama untuk mencegahnya adalah meningkatkan kesadaran kita untuk selalu menjaga dan merawat saluran air yang dibangun oleh pemerintah, dengan menjaga kebersihanya dan tidak membuang sampah sembarangan, yang dapat menyebabkan sumber penyakit dan menyebabkan salauran air menjadi terhambat, Kalau bukan kita siapa lagi yang akan peduli dengan lingkungan,” tutupnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan