RT.05.01 Dusun B Hanura Saksikan Film Dokumenter Sejarah Transad II Hanura

Hanura (hanura.desa.id) : Film Dokumenter Transad II Hanura saat ini menjadi tontonan yang cukup menarik bagi warga Hanura Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran.

Meskipun film dekumenter ini dibuat dengan alat sederhana, dan dengan keterbatasan waktu produksi, namun sejatinya didalamnya memiliki edukasi yang cukup penting bagi warga setempat, terutama para pemuda.

Film ini mengingatkan tentang perjuangan para pendahulu, mulai sejak para trans yaitu para pejuang 1945 sampai ke tanah Lampung yaitu di Pesisir Pesawaran yang kala itu masih Lampung Selatan, lalu berjuang mendirikan desa, dan maju hingga sekarang ini.

Seperti yang dilakukan oleh Warga RT.05 RW 01 Dusun B Desa Hanura misalnya. Warga tampak ramai-ramai menonton film tersebut selepas mendoakan para pejuang 45 dan pelaku transad masa itu.

“Kita nonton film dekumenter ini supaya kita tau sejarah desa Hanura ini. Saya juga menyampaikan terimakasih kepada kru yang membuat film ini, yang sudah 3 hari 3 malam rela gak tidur demi mengumpulkan data-data,” kata Rt. Rojali, Sabtu (18/9/2020) malam.

Ia menjelaskan film ini mengingatkan tentang susahnya para perintis terdahulu hingga Hanura bisa maju, bahkan pernah menjadi pemenang lomba desa tingkat Nasional.

“Setelah menonton film sejarah desa Hanura, warga merasa bangga dan saling menghargai yang mana perjuangan bapak transad terdahulu membuka lahan yang masih hutan hingga maju sampai sekarang ini,” ujarnya.

Diketahui, Transad II Hanura merupakan salah satu desa yang digagas oleh Jenderal Ahmad Yani untuk mensejahterakan para pejuang 1945 kala itu.

Transad sendiri dilaunching oleh Mayor Jenderal Alamsyah Ratu Perwira Negara yaitu asisten VII Kasad pada 17 September tahun 1966. Tepatnya setelah peristiwa 30 September 1965.

Informasi yang dihimpun, Jenderal Ahmad Yani kala itu menjabat sebagai menteri Panglima Angkatan Darat.

“Harapan kami warga bisa menjaga dan bersatu memajukan desa hanura, agar terus jaya dan maju,” tandasnya. berita dilansir (sakanews.com https://sakanews.com/2021/09/keguyuban-warga-saksikan-film-dokumenter-sejarah-transad-ii-hanura/)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan